Senin, 09 Februari 2015

CERITA DARI KELAS VIII F


Nama Anggota :
1. Alviatun Hidayah (2)
2. Novita Setia Rini (17)
3. Veilla Anggoro Kasih (30)

ASAL MULA DESA SELAKAMBANG
Selakambang adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Asal mula diberi nama Desa Selakambang karena ada batu yang besar terletak di salah satu sungai yang ada di Selakambang.
Menurut cerita para sesepuh Selakambang pada jaman dahulu batu itu mengambang/mengapung. Batu tersebut tingginya sekitar 10 m, posisi batu itu terletak di tengah Sungai Lebak. Kata “Sela” itu artinya batu dan “kambang” artinya kemambang, terapung.
Jadi asal mula Desa Selakambang adalah ada batu di tengah sungai yang kemambang. Selakambang termasuk desa yang paling luas sekecamatan Kaligondang. Sedesa ada 4 kadus, Dusun Beji, Dusun Banteng, Dusun Jambu, dan Dusun Gembrungan. Salah satu tokoh Selakambang yang sakti mandraguna yang menjadi cikal bakal adanya Desa Selakambang bernama Eyang Purwa Suci.

Waktu itu sekitar tahun 1700 atau 1800 Masehi menurut cerita sesepuh pada jaman dahulu, dulu Eyang Purwa Suci pernah bertanding kesaktian dengan pendekar desa sebelah, Desa Pagerandong yang bernama Ki Ageng Menggala.
Eyang Purwa Suci perang dengan Ki Ageng Menggala ada di sekitar sungai dekat perbatasan desa. Ki Ageng Menggala kalah perang dan meninggal ketaman keris pusakanya Eyang Purwa Suci, tempat perang tanding sampai matinya Ki Ageng Menggala saat ini disebut Kali Menggala yang termasuk wilayah Desa Selakambang.
Jadi Selakambang berasal dari nama batu di tengah sungai di desa tersebut, Selakambang berasal dari bahasa Jawa atau Sansekerta yang artinya adalah batu yang mengapung di atas sungai.
===

NAMA ANGGOTA :
1. Ade Novan (01)
2. Dimas Budi P (06)
3. Sulthan Amruzaindra (26)

KEUNIKAN KALI KLAWING 
Kali Klawing adalah sebuah sungai yang cukup besar yang ada di Purbalingga, di kali tersebut sering digunakan untuk menambang pasir yang ada di pinggiran sungai Klawing tersebut. Kali Klawing konon sebuah kali yang sering memakan tumbal, bahkan biasanya ada orang bertapa di daerah kali Klawing tersebut untuk mendapat sebuah kekuatan atau bahkan digunakan untuk pesugihan. Tak sedikit beberapa orang yang sudah mencoba bunuh diri di sungai Klawing tersebut dan mayatnya tidak ditemukan.
Namun sekarang kali Klawing sedang menjadi topik pembicaraan di kalangan masyarakat Purbalingga yang suka mengoleksi batu akik Klawing, karena pada saat perlombaan batu akik di seluruh Indonesia batu akik Klawing mendapat juara umum nomor 1, bahkan batu akik Klawing ini sekarang menjadi maskot di kota Purbalingga. Bukan hanya orang Purbalingga saja yang suka ke kali ini untuk mencari batu akik Klawing ini. Banyak orang dari luar kota yang datang ke kota Purbalingga hanya untuk mencari batu akik atau batu mulia ini. Batu akik Klawing ini juga bernilai jual tinggi karena saat ini sedang banyak di cari oleh beberapa kalangan masyarakat. Banyak orang melakukan transaksi jual beli batu akik Klawing di daerah Purbalingga, ada beberapa jenis batu akik Klawing di Purbalingga ini, seperti Batu Nagasui, Batu Pancawarna, Batu Badarbesi dan batu-batu yang lainnya.
Sungai Klawing kini menjadi tempat berburunya para pencari batu akik di seluruh Indonesia. Maka dari itu Batu akik Klawing menjadi kebanggaan masyarakat Purbalingga, dan karena batu akik Klawing kota Purbalingga menjadi kota yang terkenal di Jawa Tengah.
===

NAMA:
1. AZRIAL RISKI P
2. RIDO HANIF SUBARKAH
3. TITIS ADIGIRI P

KEUNIKAN BANCAR BADHOG CENTRE (BBC) 
Di kelurahan Bancar terdapat sebuah pasar yang sangat terkenal di wilayah Purbalingga, yang diberi nama: Pasar Bancar Badhog Centre (BBC) .
Di pasar itu banyak yang menjual makanan tradisional dan juga menjual aneka sayur dan buah-buahan. Keadaan pasar itu sangat ramai pembeli karena di Bancar juga banyak yang membuat dan menjual aneka kerajinan batu akik asli Sungai Klawing.
Batu akik Klawing tersebut sudah sangat terkenal sampai ke Asia. Batu akik merupakan sejenis kerajinan yang memulai untuk menjadi terkenalnya daerah Bancar dan sungai Klawing. Kini Sungai Klawing menjadi tujuan utama untuk mencari batu akik, sekarang kerajinan batu akik menjadi ciri khas orang Purbalingga termasuk nya daerah sekitar sungai Klawing.
Jenis batu akik dari sungai Klawing ada bermacam-macam di antaranya: Nagasui, Pancawarna, Giok Jawa, Kecubung, Badar Perak, Badar Besi, Telur Katak, Badar Lumut, Combong, Sulaiman, Kalimaya, Pirus, Fosil, Jesper, Junjung Derajat, Pusar Bumi, Merah Siyem, Merah Bata, Ati Ayam dan masih banyak lagi batu yang dijumpai di wilayah Klawing termasuk di BBC.
====

NAMA :
1. FIONA RISTA U.
2. FEBRIANA SEKAR A.
3. VERA ARDHININGSIH.

SEJARAH DESA PENARUBAN KEC. KALIGONDANG 
Zaman dahulu kala, ada 3 orang yang asalnya dari Purworejo Bagelen yang bernama Indrawati, Indra Wijaya Kesuma, dan Dronansari. Ketiga orang itu senang sekali tarian Nayuban yang diiringi suara gong. Semakin lama tarian Nayuban semakin terkenal dan banyak yang menari tarian tersebut dan juga banyak orang-orang yang datang dari daerah lain untuk melihat tarian tersebut.
Saking pesatnya perkembangan tarian Nayuban sehingga, sering dipentaskan. Tapi dengan adu kekuatan dan kesaktian antara peserta tari. Ternyata 3 orang tersebut sangat kuat sehingga, 3 orang tersebut sering jadi pemenang di tari Nayuban dan Ujungan.
Dan akhirnya tempat tersebut diberi nama Desa Penaruban yang artinya pemenang tari Nayuban dan Ujungan.
Kuburan ketiga orang tersebut ada di Sigong Penaruban yang berada di dusun II.
===

Ridho Purbowo Agung
Titan Sebastian Dios Arizon
Vigo Noor Mustafa

Kota Purbalingga Yang Terkenal Dengan Batu Akiknya 
Pada jaman nenek moyang banyak orang yang belum tahu/mengenal batu akik, batu akik adalah batu yang bermacam macam motif dan jenisnya, sekarang banyak orang yang sudah mengenal batu akik.orang orang sekarang pada berlomba-lomba mencari batu akik terbaik dan bagus di Kota Purbalingga, anak kecil pun juga berlomba-lomba mencari batu akik di sungai Klawing.
Banyak orang yang mencari batu akik karena motif dan warnanya yang bagus ,contohnya : Naga Sui,Pancawarna,Badar Lumut,Badar Besi,Junjung Derajat,Sulaiman,Cubung Wulung,Combong,dan masih banyak jenis lainnya.Batu akik juga sangat menguntungkan karna harganya yang relatif tinggi.
Batu akik bila di bawa ke kota-kota yang lain harganya sangat tinggi karna di daerah kota lain jarang di temukan batu akik.di Kota Purbalingga banyak sungai yang ditemui batu akik dengan motif yang bagus ,contohnya : Sungai Klawing,Sungai Maya,Sungai Petuk,Bendungan Slinga,Sungai Aranan,dan masih banyak yang lainnya.
==========

NAMA ANGGOTA :
1. RINA NUR SAFITRI (20)
2. MILLA ROSIANA (14)
3. SITI ROFIFAH (25)

PAHLAWAN USMAN JANATIN
Pahlawan Usman Janatin merupakan salah satu pahlawan nasional kita. Beliau berasal dari Dukuh Tawangsari, Desa Jatisaba, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga. Tempat kediaman beliau sampai sekarang masih menjadi tujuan orang yang ingin mengenal lebih dalam tentang sosok Usman Janatin.
Karena memang masih ada saudara kandung yang masih hidup di tempat kediaman beliau. Oleh karena itu, pemerintah desa Jatisaba mempunyai inisiatif untuk lebih mengenal Pahlawan Usman Janatin melalui pembuatan museum. Tujuan didirikannya museum tersebut agar masyarakat dari luar Jatisaba yang ingin mengenal Pahlawan Usman Janatin akan lebih mudah mendapatkan informasi, di dalam museum Usman Janatin kita bisa melihat peninggalan-peninggalan dari Usman Janatin. Dan apabila ingin lebih tahu banyak tentang kehidupan Usman Janatin kita bisa bertanya kepada keluarga dari Pahlawan itu yang letak rumahnya tidak jauh dari komplek museum.
===

Nama anggota:
1. Mohamad Fiqri Zulfiqar
2. Yoga Firdaus Saputra
3. Rio Mega Pamungkas

KEUNIKAN KOTA PURBALINGGA
Sekarang kota Purbalingga menjadi terkenal karena kerajinan batu akik. Batu akik sendiri memiliki beragam jenis, seperti pancawarna, nagasui, badar besi, badar lumut, combong, dll.
Batu akik biasanya terdapat di sungai Klawing atau daerah-daerah lainnya. Batu akik sudah terkenal di berbagai negara dan harganya tergantung dengan variasi. Di Purbalingga sekarang ini banyak pengrajin batu akik.
Batu akik banyak digemari orang tua maupun anak-anak. Pembentukan batu akik juga tidak sulit. Batu akik sudah dipasarkan di luar Jawa maupun luar negeri. Selain batu akik, kota Purbalingga juga terkenal dengan produksi knalpotnya yang berada di desa Sayangan dan Kembaran Kulon.
Pembuatan knalpot juga lumayan mudah dan pemasarannya pun gampang. Kebanyakan orang-orang melakukan transaksi online untuk pemasarannya. Pemasaran knalpot pun sudah sampai ke luar Jawa bahkan sampai ke luar negeri.
===

Nama ;
1. Zefanya Yanika N
2. Sabrina Puspita S
3. Novanda N

BATU AKIK KALI KLAWING 
Pada awal tahun 2015 Purbalingga dihebohkan dengan kedatangan kerajinan tangan baru yang memiliki nilai jual sangat tinggi yaitu dengan adanya batu yang berasal dari sungai yang berada di daerah Bancar, Purbalingga. Biasanya yang tertarik dengan batu-batu tersebut adalah kaum laki-laki. Karena sedang maraknya batu akik sungai Klawing tesebut membuat Dinas Kabupaten Purbalingga memerintahkan bagi para tentara, PNS, dll untuk memakai cincin batu akik sebagai simbol khas warga Purbalingga.
Selain para orang dewasa banyak juga anak anak kecil yang menggunakan dan menyukai batu akik baik cincin maupun batuan utuh untuk disimpan atau dijadikan hiasan rumah. Batu memiliki beranekaragam warna dan jenisnya. Dan setiap batu memiliki nama-nama sendiri yang lucu dan unik. Batu akik menang dalam kontes pameran batu.
Maraknya batu akik menjadi penghasilan utama bagi para pengganguran dan dijadikan sebagai hobi untuk mengoleksi batu tersebut. Dengan adanya batu akik menjadikan masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan bisa mendapatkan penghasilan dengan membuatnya cincin dan hiasan lain dari batu akik. Sekarang batu akik sudah populer di kalangan masyarakat indonesia dan luar negeri.
===

NAMA KELOMPOK :
1. L. STEVEN.A (12)
2. RIZKY ADI SURYO (23)
3. WAFA M.Z (33)

KEUNIKAN PURBALINGGA
Kabupaten Purbalingga, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purbalingga. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat dan selatan.
Ada berbagai khas daerah yang masih dilestarikan contohnya adalah patung knalpot dan warga kemmbaran / sayangan masih memproduksi knalpot motor / mobil dari dulu sampai sekarang warga Kembaran dan Sayangan masih memproduksi knalpot untuk diekspor maupun di jual oleh warga Indonesia / setempat. Knalpot yang dihasilkan pun hasilnya bagus dan sangat terkenal dimana-mana sampai di Purbalinggapun dibuatkan patung knalpot agar Purbalingga terkenal juga dengan hasil knalpotnya.
Selain itu Purbalingga juga terkenal dengan hasil batu klawing yang terkenal dan dikirim keluar daerah karena keunikan Batu Klawing dari Purbalingga tersebut selain itu banyak lagi khas daerah Purbalingga yang lainya. Di Purbalingga juga banyak memiliki hal mistis / sejarah dari jaman dahulu salah satu contohnya yang semua warga Purbalingga tau adalah rumah sakit Trenggiling dan Sungai Klawing di tempat tersebut banyak cerita mistis / sejarah-sejarah Purbalingga dari jaman dahulu, di rumah Sakit Trenggiling pun banyak cerita mistis / sejarah yang masih di mengerti oleh warga Purbalingga dan warga sekitarnya. Di Purbalingga juga memiliki Patung Pahlawan yang sangat berarti bagi Indonesia yaitu Patung Jend. Sudirman, letaknya di dekat Terminal Purbalingga. Di Purbalingga juga memiliki Pasar yang cukup besar yaitu bernama Pasar Sega Mas yang belum lama dibangun. Di sebelah Pasar Segamas pun ada Pasar Hewan yang juga cukup besar.
Purbalingga juga banyak Pabrik Industri contohnya adalah pabrik yaitu Pabrik Rambut dan Pabrik Kayu Lapis. Warga Purbalingga sebagian besar berkerja di tempat itu karena syaratnya mudah, lulus SMP pun bisa diterima kerja di tempat itu jadi karena adanya pabrik tersebut warga Purbalingga tidak banyak yang menjadi pengangguran. Di Purbalingga pun sekarang sudah ramai seperti di Jakarta karena di Purbalingga hampir semua orang memiliki kendaraan sepeda motor karena di Purbalingga membeli sepeda motor syaratnya mudah jadi hampir semua orang memiliki sepeda motor. Bila sore hari Purbalingga sering macet karena hampir semua orang keluar dengan mengendarai sepeda motor jadi sekarang Purbalinggapun ramai seperti Di Jakarta.
Di Purbalingga juga memiliki pengrajin seperti Batu Bata, Genting yang terbuat dari tanah liat, selain itu Purbalingga juga terkenal dengan buah dukuhnya yaitu di desa Kalikajar yang kata orang-orang dukuhnya enak. Di Purbalingga juga memiliki sungai yang dapat digunakan untuk berolahraga Arum Jeram letaknya di Desa Karangreja. Selain itu masih banyak lagi ciri khas dari Purbalingga kota yang kecil tetapi memiliki seribu kenangan/cerita.
=========





Tidak ada komentar:

Posting Komentar