Jumat, 09 November 2012

ALBUM 2



TULISAN
Wahyu Nur Rakhman

Tak ada yang bisa kutulis hari ini
ketika aku sedang bosan menulis pertikaian
ketika kata – kataku hanyalah secarik kertas diantara tumpukan asa
ketika kesadaran memang belum ada
ketika angan tak sesuai harap
harapan usang
tak ada yang perlu kutulis hari ini
aku sering menulis tentang misteri kehidupan
namun saat ini aku berpikir keras menjawab pertanyaan kehidupanku
saat semua jaringan syaraf kupacu agar otak meraih jawaban


supaya kedamaian bisa tergapai
tak ada yang harus kutulis hari ini
tentang cinta?
Aku tak mau menjejali dunia ini dengan teori cinta
sudah terlalu banyak orang berbicara cinta
sedangkan cinta bukanlah ilmu pasti
tak ada yang mampu kutulis hari ini
jemariku diam
senyumku muram
jiwaku kelam
pikirku tenggelam
tak ada yang bisa kutulis hari ini
tapi aku menuliskan ini


GURU
Alif Debby

Guru..
Kau sangat berharga..
Kau pahlawan tanpa tanda jasa
Jasa mu sangat mulia bagi nusa dan bangsa
Terima kasih guruku ..


GURUKU
Agianza

Kau adalah orang yang paling berjasa
dalam hidupku
Terima kasih guruku
engkau selalu memberi inspirasi
bagiku kau sangat berarti




CEMBURU
Mellyana Irbah

Rasa cemburu ini, tiba-tiba muncul di saat aku menyaksikan langsung kau di rengkuh oleh orang lain selain aku, 
aku tak mampu berbuat apa-apa, 
aku tak mampu mencegahnya,   
aku sadar, aku bukanlah kekasihmu, yang pantas mengurusi masalah pribadimu,   
meskipun aku sangat mencintaimu, namun, rasa cintaku ini, tak mampu aku luapkan kepadamu,,   
biarlah, aku sendiri yang merasakan semua ini, 
biarlah, rasa cintaku padamu aku pendam di dada ini, 
dan rasa cemburu yang begitu besar ini, biarlah menghiasi dan berlalu dengan sendiri…



MAJULAH TERUS
Ari Widiani

Majulah terus siswa Indonesia
Dengar, dengarlah isi tulisan ini..
Hanya kepadamu harapan ku sandangkan..
Hanya kepadamu cita-cita dipertaruhkan..
Tak ada sesuatu yang tak mungkin bagimu..
Masa depan ada ditanganmu..
Harapan terpendam ada dipundakmu..
Nasib bangsa engkau yang menentukan..



TERBITNYA SANG MENTARI
fatonah nur an'nisa

Terbitnya sang mentari...
Diselilingi embun pagi
Kubuka mata terpejam
Menikmati indahnya alam

Terbitnya sang mentari...
Senangnya hatiku ini
Masih bisa menikmati
Suasana dipagi hari

Terbitnya sang mentari...
Membangkitkan hati ini
Untuk lewatki hari hari
Demi masa depanku nanti

Terbitnya sang mentari...
Sejuknya udara pagi
segalaku syukuri
pemberian sang illahi



PANTUN
Vera Istiani

Klambi abang dienggo Ambar
Guru mulang kudu sabar




GERIMIS DI MINGGU PAGI
Arbania Amanda

ketika mataku mulai terbuka
dan ketika ku lihat dunia
sungguh indah rasanya

tetesan airpun berjatuhan
serpihan embun di dedaunan
capungpun berterbangan

sungguh elok dipandang ,
yang selalu kutunggu
minggu pagiku




Tak Akan Kulupa
Aprilia cahya puspaningrum

saat koridor-koridor itu mulai terbasahi
gelap menyelimuti setiap orang berseragam
kau datang membawakanku pelangi
saat hujan luka itu masih menari diatas perih
kau hadirkan senyum terindah
saat aku tenggelam dalam larutnya kegelapan
sedikitpun tak akan ku lupa
saat kau membawaku ke kehidupan
sedikitpun tak akan ku lupa
saat senyummu menjadi satu-satunya nafas untukku



DOA UNTUK IBU
kokom komalasari

aku tak tau apa yang harus kulakukan tanpa dia
dia yang selalu mengerti aku
dia yang tak pernah letih menasehatiku
dia yang selalu menemani

dialah ibu
orang yang selalu menjagaku
tanpa dia aku merasa hampa hidup di dunia ini
tanpa.nya aku bukanlah apa-apa

aku hanya seorang manusia lemah
yang membutuhkan kekuatan
kekuatan cinta kasih dari ibu
kekuatan yang lebih dari apapun

engkau sangat berharga bagiku
walaupun engkau selalu memarahiku
aku tau
itu bentuk perhatian dari mu
itu menandakan kau peduli denganku

ya allah,,
berikanlah kesehatan pada ibuku
panjangkanlah umur.nya
aku ingin membahagiakan.nya
sebelum aku atau dia tiada

terimakasih ibu
atas apa yang telah kau berikan padaku
aku akan selalu menyanyangimu




PERLAKUAN DAN CINTA
Ravena ikapermatasari

Dalam kehidupan ini kita tidak dapat melakukan hal yang besar
Tetapi kita dapat melakukan banyak hal kecil
Dengan cinta yang besar....





HIDUPKU
riefan ardiansyah bachtiar

Berjumpa denganmu adalah suatu hal yang tak pernah ku sangka
mengenalmu menjadi suatu cerita indah dalam hidupku
mencintaimu adalah hal yang akan selalu aku kenang
memilikimu adalah hal yang bahagia dalam hidupku
meraih cintamu adalah memory cintaku yang tak akan terhapus oleh waktu
berada di sisi mu adalah kenangan yang tak akan lapuk oleh jaman
berpisah dengan mu adalah hal yang selalu aku takutkan
kehilangan mu adalah bagian terahit dalam diriku
karena …
engkaulah serpihan kisah dalam hidup ku …
karena …
engkaulah pelengkap kisah cinta ku …



ILMU
Yiska purniti

Dalam hidup kutemukan ilmu
Tuk menemani jalan hidup
Tuk tetap terus mencari ilmu walau sampai kapanpun
Kunci bahagia hidup akhirat dan dunia
Ialah ilmu



SEMANGAT!!!
Nenitri susanti

Kata tidak bisa akan membuatmu berhenti berusaha
Kata bisa akan membuatmu berusaha mesti hasil akhir belum tentu
Semangat!!!
Jangan berusaha / mengerjakan sesuatu dengan setengah hati
Karena hasil yang kamu dapat juga hanya setengahnya



SHALAT TAHAJUD
nismasari ulfi mulyanti

Semilir angin berhembus
Menghentam malam yang sunyi
Ingin aku duduk ditepi pantai
Menikmati malam yang sunyi
Terdengar suara gemercik air

Pukul 03.00 aku bangun dari tidurku
Kuambil sedikit air wudhu
Shalat tahajud ku-laksanakan
Demi mengharap ridhomu
Allah....................

Malaikat di dekatku




KAU
Ajeng Sekar
 
Kau ada di setiap ku butuh
Kau temanku
Kau guruku
Kau pengobat ku

Tuhan......
Tolong jaga dia
agar selalu ada
di dekatku




PATAH HATI
dinar novaza pramono

Aku merasakan patah hati ini
seperti batu koral
yang menimpuk jidat,
menjadi benjol...

Aku merasakan patah hati ini
seperti pukulan chris jhon
dan babak belur...

Aku merasakan patah hati ini
seperti diasingkan
di suatu tempat yang seram

Aku merasakan patah hati ini
Seperti diterkam
dan dicabik harimau..




ASAL-USUL KALIGONDANG
jatiaji pangestu


Perang Diponegoro sangat luas pengaruhnya khususnya di Jawa Tengah. Kegigihan dan kepiawaian Diponegoro dalam memimpin perang sangat ditakuti pihak Belanda, termasuk di daerah Purbalingga. Perang melawan Belanda yang dipimpin oleh tentara Diponegoro dan lebih khusus di Kaligondang dipimpin oleh Adipati Sulanjari yang terjadi sekitar tahun 1826. Adipati Sulanjari dengan gigih mengadakan perlawanan terhadap tentara kolonial Belanda dengan menggunakan senjata tradisional dan dengan menggunakan strategi perang gerilya. Perang yang dipimpin oleh Adipati Sulanjari menjadi bulan-bulanan dan terdesak.
Karena Belanda dibuat tidak nyaman oleh tentara Diponegoro, sehingga kemanapun larinya pasukan Diponegoro akan dikejar Belanda.
Dalam peperangan yang sangat sengit di Kaligondang antara Belanda dengan tentara Diponegoro yang dipimpin oleh Adipati Sulanjari banyak membawa korban di pihak Adipati Sulanjari. Dimana peristiwa itu membawa sejarah Kaligondang yaitu saat tentara Adipati Sulanjari dikejar oleh Belanda yang lari ke selatan dan tentara Adipati Sulanjari banyak yang terjatuh di sungai kecil dan dapat ditangkap oleh Belanda dan satu orang mati terbunuh oleh tentara Belanda dengan ditusuk pisau bagian depan lehernya (dalam bahasa banyumasan, bagian depan leher disebut: gondhang).
Tempat terjadinya peristiwa tersebut oleh masyarakat diabadikan sebagai asal mula nama desa Kaligondang, yaitu tentara Diponegoro yang ditangkap di sungai kemudian ditusuk di leher bagian depan, (gondhang bahasa jawa) sungai (kali bahasa jawa), sehingga menjadi satu kesimpulan Kaligondang.
Tentara Adipati Sulanjari yang telah ditusuk berhasil lari tunggang langgang ke arah barat dengan darah masih bercucuran/ bercak – bercak darah melewati sebuah dusun sehingga dusun tersebut dinamakan Brecek dan terus lari ke arah barat lagi dan sampai di suatu pedukuhan dengan darah mengalir deras (jawa: mlopor – mlopor) lalu daerah tersebut dinamai desa Sempor. Dan pada akhirnya tentara yang terluka tersebut lari ke Sungai Klawing dan gugur sebagai kusuma bangsa.




TERIMAKASIH....SAHABAT
Monita delimaa

Terimakasih....
Telah membuatku tak sendiri
Telah membuatku berharga
Mengobarkan lagi semangatku
Membuatku selalu tersenyum

Sahabat.....
Disaat suka dan duka
Engkau selalu setia menemaniku
Engkau inspirasi bagiku
Engkau adalah anugrah terindah dihidupku

Sahabatku....
Kau tercipta dalam hati
Tidak tertulis, tak terlukis, tak rapuh oleh perbedaan
Tak akan pernah tergantikan oleh waktu
Terimakasih sahabatku.....



BUDAYA INDONESIA
Arum Aditya

Budaya negriku Indonesia
Sekarang banyak di tinggalkan para pemuda
Mereka tak bangga pada budaya negrinya
Memilih budaya lain tuk di tirunya

Mereka tak sadar
Bahwa budaya yang mereka tinggalkan
Merupakan martabat bangsa
Mengapa kita menjauhinya

Lantas siapa yang akan mengembalikan
Martabat negriku....
Jika bukan anak bangsa yang melakukannya
Mengembalikan keanekaragaman budaya...

Tapi kenapa kita malah meniru..
Budaya lain yang menyimpang pancasila
Dan terkadang tak bermoral
Mengapa ini terjadi

Bangsa lain justru menyukai budaya kita
Kita malah memusuhinya
Bangsa lain datang ke negri kita tuk belajar
Kita justru tak menghargai budaya kita

Aku akan menghargai budaya negriku
Akan kulestarikan budaya bangsaku
Agar kembali keceriaan negriku
Karena budaya yang buat bangga negriku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar